Partisipant

FESTIVAL MONOLOG SEMARANG

TEATER GEMA (MAYAT TERHORMAT) ● TEATER SOKOBUMI (AENG) ● TEATER BUIH (TOLONG) ● TEATER KAPLINK (DEMOKRASI) ● TEATER BETA (MAYAT TERHORMAT) ● TEATER KECIL (JANIN) ● TEATER KAPLINK (TRIK) ● TEATER WADAS (AENG) ● TEATER SS (PARADE TIKUS) ● TEATER BETA (WANCI) ● TEATER EMKA (PER[T]EMPU[R]AN) ●G-THERWHAS (EPISODE DAUN KERING)

DEWAN JURI :

DANIEL EXAUDI (TEATERAWAN SALATIGA) ● TURAHMAT (DOSEN & TEATERAWAN SEMARANG) ● MOHAMMAD AMIN (EX TEATER SATU MERAH PANGGUNG – JAKARTA)

KONSER KECIL SORE MALAM

ABSURDNATION ● aljabar ● rastafaria ● semarang reggae community ● SEMARANG SKA FONDATION ● Hypotenusa ● Tanpa Nada ● HolyBabyHorny ● Octopuz ● goldthief ● moiss ● REXIO ● BHALAK ● CONGSTIK

Profil Pertunjukan

nangnok gambang semarangGambang Semarang merupakan salah satu bentuk seni pertunjukkan tradisional Kota Semarang. Kesenian ini terdiri dari seni musik, vokal, tari dan lawak yang merupakan seni tradisi kerakyatan. Gambang Semarang merupakan perpaduan dari unsur-unsur kesenian masyarakat Cina dan Jawa. Lagu Gambang Semarang terasa gembira dan menyatu dengan tari, gemulai, namun segar. Kekhasan tari gambang Semarang terletak pada gerak telapak kaki yang berjungkat-jungkit sesuai dengan irama lagu dan sering diselingi sikap jongkok.

puisiDalam rangka memangkas jarak antara karya sastra dan pembacanya yang saat ini semakin memprihatinkan terutama karya puisi, dibuatlah musikalisastra puisi agar nilai kesusteraan yang terkandung dalam karya sastra puisi dapat ditransformasikan lebih baik. Pemilihan notasi menjadi pertimbangan  penting agar nuansa, warna, ruh dan semangat puisi tersampaikan lebih baik.

Bengkelpuisi Tamanmaluku mengembangkan kreatifitas ini tidak hanya pada karya sastra puisi saja tapi juga pada karya sastra Novel.  Tiga novel Hn Dini sudah berhasil dimusikalisastrakan dan dipersembahkan sebagai hadian Ulang tahun Nh Dini yang ke 80. Ketiga musikalisastra novel tersebut dilengkapi dengan Puisi Triyanto Triwikromo yang bwrkisah tentang perjalanan hidup Nh Dini.

Beberapa Puisi yang sudah dimusikalisastrakan antara lain karya Djawahir Muhammad, Victor Roesdianto dan Sulis Bambang. Kegiatan yang akan dikembangkan di BengkelPuisi selain musikalisastra adalah Reading Group, menulis dan bedah buku dll.

sriwates SRIWATES, Serikat Wayang Kontemporer Semarang. Sebuah perkumpulan beberapa kelompok wayang kontemporer yang ada di kota Semarang. Berbagai macam bentuk wayang berkumpul di dalamnya. Ada Wayang Dongeng, Wayang PRUT, Wayang Tenda, dan sebagainya. Perkumpulan ini sebagai ajang silaturahmi di antara para pegiat wayang kontemporer. Selain pentas kolaborasi, Sriwates juga sering mengadakan lokakarya wayang sebagai sarana pendidikan anak-anak.

Profil Musik

absurdnationAbsurdNation adalah sebuah band berformat quartet yang berasal dari Semarang. Yusuf Sianturi (piano), Fanny wardoyo(drum) dan Nanda Goeltom (Vocal) sepakat untuk mengeksplore jazz dalam perspektif Eksperimental. Band ini terbentuk pada tanggal 12 desember 2012, dan pertama kali tampil pada sebuah jam session komunitas pada tanggal 17 desember 2012.

AbsurdNation Music
Alamat: Lempongsari Timur II No 46 Semarang Jawa Tengah.
Nomor Telepon: +62 818 024 021 35
Email: absurdnationmusic@gmail.com

hbhMengenai sejarah, HOLY BABY HORNY diperkuat oleh empat anak manusia (Alhamdulillah) diantaranya ada Galang a.k.a Benjo, Rizki a.k.a Kiki, Cahyo a.k.a Ambon, dan Ulun a.k.a Kondom. HOLY BABY HORNY sempat mengalami pergantian pada line-up drum dan sampai sekarang posisi tersebut diduduki oleh Kondom. 9 Maret 2010 HOLY BABY HORNY telah berhasil merilis lagu yang berjudul Born To Be Wild, Anjing Teriak Anjing, 07 dan 05:50 kedua lagu tersebut mendapatkan respon positif dari warga kota Semarang maupun luar kota Semarang. Sehingga dapat mengantarkan HOLY BABY HORNY kesegala gigs/event indie maupun ajang pensi SMA bergengsi yang ada dikota Semarang. Bahkan merambah ke Solo, Yogya, Bali, Bandung, Surabaya, Salatiga, Ungaran, dan lain-lain.

hypotenusaHypotenusa terbentuk pada tahun 2011, 19 Februari. Band asal Semarang yang beranggotakan 4 individu, Ghera (vocal), Ryan (guitar), Tri (bass), Maulana (drum) mengusung genre musik Metalcore dan banyak berkiblat dari band Metal Hardcore lawas hingga yang modern, lalu di kemas dengan gaya bermusik dan selera musik Hypotenusa.

Awal tahun 2012 mereka meluncurkan single pertamanya “Nothing Last Defense” yang pada saat itu cukup mendapat animo dan tanggapan positif dari para penikmat musik keras di kancah musik indie Semarang, yang dapat diunduh gratis di https://soundcloud.com/hypotenusa_core . Dan selanjutnya awal tahun 2013 kembali melepaskan single keduanya “Blind Justice” yang menambah warna dan referensi music Metalcore di Semarang. Tahun 2015 bisa di sebut sebagai titik klimaks dari band asal Semarang yang beranggotakan 4 individu ini, karena akan terlahir rilisan fisik EP album pertama mereka yang bertajuk “NEVERENDER”

moiss

Moiss (formerly known as Moist) is an Indie Rock/Shoegaze band from Semarang, Indonesia. The band formed on May 13, 2012, with the formation remains Much. Rifqi (Guitar, Vocal), Krishna Nur P (Bass), Hari Candra (drums).

Music of Moiss much influenced by alternative rock, noise rock, dream pop, shoegaze, Grunge rock, Indie rock band, that emerged in the mid-’80s such as Sonic Youth, Nirvana and My Bloody Valentine.

So far Moiss has released a single titled ‘Sign’ at the end of 2012 and the single was also included in the compilation ‘Lasting Fun, Forever Young’ (Indonesian indie pop scene Vol.2) which in initiated by SEA INDIE (Record Label Non-Commercial from Bangkok – Thailand). And on the 29th of September, 2013, Moiss has released the single for upcoming titled ‘Sink’ from EP album ‘Sensitive’ and and has been released on 31 january 2014.

On September 28, 2014, our lovely bassist, Krishna Nur Pribadi , he died in a accident . A year later after the departure of our bassist, On 28 September 2015. We released the double single, ‘ Through The Dawn ‘ and ‘ Blue ‘ from our EP Sensitive. And now, the position of bass taken over by Muh. Irsyad (Bassist Of Warehouse).

Site :
Twitter: 
https://twitter.com/moissband
Blogspot : 
http://moissband.blogspot.com/
Instagram: 
https://instagram.com/moissband/
Facebook: 
https://www.facebook.com/moissband
Soundcloud : 
https://soundcloud.com/moissband

octopuzDalang di balik terbentuknya band ini adalah Brury – gitar yang juga merupakan member band metal Semarang (Throats Of Panic) dengan membangun band pengusung genre Southernrock yang masih asing di kota Semarang karena pada saat itu banyak menjamur band-band metal di kota tersebut. Akhir tahun 2008 silam, Octopuz terbentuk dengan member yang tidak begitu asing (comotan dari beberapa member band di Semarang) seperti Abe ( Lazaruz ) – gitar, Eka (Athemis) – bass, Oso ( Medusa The Murder ) – drum dan untuk mengisi kekosongan pada vocal, masuklah Haryoct (ex. The Neckless) yang sebenarnya sudah lama vacum dari kegiatan musik, namun akhirnya terbujuk juga untuk ikut andil dalam band. Tidak lama berselang posisi Eka – bass digantikan oleh Ino (Vokalis Throats Of Panic) dikarenakan ada sesuatu hal menyangkut penempatan formalitas kerja pada waktu itu. Line up member Octopuz terakhir tersebut bertahan hingga saat ini.
Jenis musik yang kami usung berakar dari Rock, mungkin yangg pastinya berbaur dengan pattern musik era 80-90an akhir, juga terkontaminasi dengan pattern Stoner, Sludge, Heavy dan bahkan ada yang mengasumsikan bahwa kami memainkan musik Sludge Doom! Namun satu yang pasti, kami tidak terlalu ambil pusing untuk masalah itu.

Pertengahan 2009, Octopuz merilis debut EP album pertama dengan title “I”, dan dibarengi juga dengan satu prestasi dari ajang LA Indiefest 2009 yaitu masuk dalam 100 band terbaik Nasional. Hal tersebut juga berlangsung pada ajang LA Indiefest 2010 dengan masuk 50 band terbaik Nasional.Juga menjadi band perwakilan Semarang dalam Hajatan ROCK IN SOLO 2011. Dan sampai saat ini, tidak sedikit panggung yang telah terinfeksi dengan kegaduhan musik kami.

rexioREXIO BAND
vocal        : Andi
gitar         : Bowo
bass        : Yudha
drum        : Yoyok
keyboard  : Kiki

manager   : Sunuaji
082281601823 / 08984325736
ajinangka@gmail.com

rafastaRASTAFARIA adalah  BAND REGGAE  yang berlatar belakang  dari begroun para personil yang berbagai macam aliran antara lain  pop , rock , blues , jazz. Berawal dari pertemanan yang sudah terjalin antara kasdong , rudi , dan boy sejak SMA di sebuah daerah yang terletak di GUNUNG PATI SEMARANG yg berangan” atau berinisiatif membuat sebuah group band,setelah mereka ber tiga melengkapi komposisi personil band jenis aliran musik reggae adalah aliran yang di sepakati untuk dimainkan RASTAFARIA adalah nama yang mereka gunakan pertamakali namun sayangnya di karnakan fisi dan misinya yang belum kuat dan kekurangan personil  band ini hanya bertahan hanya 1 tahun hal  tersebut tidak membuat kasdong , boy , rudi pantang menyerah , berbekal perjuangan dan pengalaman si boy kini mencari personil yang kurang di dalam group band rastafaria yaitu dengan menambahkan personil yang bertemu pertama kali saat si boy masuk kuliah , yaitu adibus , panji , seiring berjalannya waktu rastafaria tidak mempunyai guitaris dan akhirnya si boy mencari guitaris bernama agil yang bertemu di sebuah komunitas yang bernama semarang reggae comunity  dan akhirnya lengkaplah personil rastafaria hingga kini mencadi catatan penting. Reggae adalah “SOUL” bagi mereka . Dengan refrensi lagu – lagu BOB MARLEY dan kemudian berinisiatif membuat karya sendiri. Hal tersebut bisa di katakan menjadikan mereka sebagai barometer musik reggae di INDONESIA.
Hingga saat ini RASTAFARIA beranggotakan , KASDONG vokal , AGIL guitar 1 , ADIB guitar 2 , PANJI bass , RUDI keyboard , BOY drum.
VISI & MISI RASTAFARIA yaitu menyuguhkan sebuah hiburan musik  yang menyenangkan di setiap even yang melibatkan kami , dengan tujuan menyebarkan virus perdamaian dan membawa musik yg berbeda dan menjadi salah satu band indie SEMARANG yang sukses di blantika musik tanah air.
PROFIL BAND

TANGGAL TERBENTUK  10  MARET 2012

NAMA BAND  : RASTAFARIA
ALAMAT          : MANGUNSARI GUNUNG PATI SEMARANG
GENRE             : REGGAE
EMAIL              : BOYRASTAFARIA@GMAIL
CP                     : 085600220030
PIN                    : D1301C60

TANPANADA (6)Aransemen musik dikemas super liar, kekuatan lirik syair Tanpa Nada  memuat pesan moral, sosial, alam, hingga hubungan manusia dengan Tuhan. Fenomena-fenomena yang salah berhasil diangkat dan digambarkan melalui karya musiknya dengan indah dan inspiratif. Selain itu, band yang berdiri sejak 20 Mei 2008 silam ini juga mempunyai misi untuk mendidik generasi muda. Meski melalui musik cadas, mereka juga ingin memperkenalkan kembali sastra kepada generasi muda.

Digawangi Erick Budi Prasetya (vokal/puisi), Fajar Leksono (vokal/puisi), Lutfi (vokal/gitar), Adit Kempul (vokal/gitar), Aditya Samid (Bass), Innu Ambon (Drum), dan Aristya (Etnik). Melahirkan karya-karya musik di tengah kesibukannya sebagai pekerja.
Di awal berdirinya, Tanpa Nada merupakan sebuah band bergenre musik basic eksperimental dengan judul karya Tanpa Nada Electrical Poetry Experimental dengan memasukkan unsur techno. Namun, basic para personel yang gemar bermain musik cadas, membuat Tanpa Nada  bermusik dengan genre metal hardcore.

The beginning of anxiety about the work of literary art that the sea began to disappear slowly. We just want to work with what we see. Hear and feel. Go in a different scope to further preserve capital and maintain a realistic matter. Try to assemble words to form the composition the verses rhyme.

Beautiful poetry will be full of meaning if they were listening. Stunning poetry only how to pack. Try to incorporate elements of digital music, ethic and poetry. We like poetry, we like the music, we love technology, we love Indonesia culture. Because we were Indonesia.

But sometimes we have to rebel with what happened to this country. Without the tone of our work. We atonal sound poems in steady motion was bothering people but only care to Conditioning obsession but the motivation to make any more in the know. About the world as we enjoy, but just filled with desire, regardless of self-esteem.

We who want to vent off steam with the occasional horror atmosphere beside us. And remained standing in her works that either never appreciated. We only poetry and sing songs that rhyme sang ensnare prey heart. But, we do not understand the origin for all of them know themselves and take a little sense. And here we are! (TANPANADA)

Energi Kontraksi Otak
TANPANADA Acoustic Concert at Angkringan Mbah Kerto (video)
Hantam Sirek
Manusia Logika
Mencoba untuk bersatir melalui musik. Mengkritik juga menginspirasi terhadap fenomena-fenomena sosial yang kadang terkesan bodoh.